Liverpool Menang Tipis Atas Aston Villa

By ommed


nusakini.com - Liverpool dibuat kesulitan oleh pertahanan rapat Aston Villa pada pekan lanjutan Liga Primer Inggris 2021/22, Sabtu (11/12) malam WIB. Anfield menyambut sosok ikonik dan legenda hidup klub, Steven Gerrard, yang pada kesempatan ini harus datang dengan status sebagai lawan.

Sejak awal pertandingan Liverpool sudah coba menekan pertahanan dari Aston Villa. Trent Alexander-Arnold menyisir sisi kanan dan melepaskan umpan silang yang disambut Andrew Robertson. Bola mengarah ke gawang, tapi dapat dihalau Emiliano Martinez.

Babak pertama menjadi milik Liverpool, sederet serangan silih berganti datang kepada Aston Villa. Tim tamu cenderung bermain dalam, dengan pemain Liverpool seperti Salah, hingga Virgil van Dijk mendapatkan peluang. Tapi, babak pertama selesai dengan skor 0-0.

Pertahanan solid dari Aston Villa akhirnya runtuh pada menit ke-65, ketika Mo Salah dilanggar di kotak penalti oleh Tyrone Mings. Wasit menunjuk titik putih dan Salah sendiri menjadi eksekutor. Striker asal Mesir itu dengan tenang menyelesaikan tugasnya. 1-0.


Pemain pengganti Danny Ings hampir mengambil keuntungan dari kesalahan akhir antara kiper Liverpool Alisson dan Joel Matip yang membuat para pemain Villa menuntut penalti, namun hasilnya sia-sia. Villa mulai agresif untuk tak pulang dengan tangan hampa, setelah menit ke-75. Tapi tuan rumah beruntung bisa mengakhiri laga dengan kemenangan.

Kedudukan 1-0 bertahan hingga pertandingan usai, dan Steven Gerrard layak mendapat apresiasi tentang bagaimana Aston Villa mampu menyulitkan Liverpool di bawah kendalinya. Hasil ini membuat Liverpool punya 37 poin, sementara Villa bertahan dengan 19 poin, di posisi 12.

Secara statistik permainan, jelas bahwa laga ini bagai lalu lintas satu arah. Liverpool menguasai 63 persen bola, dan ada 20 percobaan tembakan dengan lima menemui sasaran. Sementara Aston Villa hanya empat tembakan, tanpa satu pun menemui sasaran. (gi/om)